Senin, 19 Oktober 2009

MERAKIT KOMPUTER

Setelah semua peralatan telah ada dan di persiapkan maka kita akan mulai merakit sekarang dan anda perlu mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan antara lain :
- obeng plus (+)
- obeng minus (-)
- tang
- baud dan mur yang diperlukan
- kabel arus yang menghubungkan power supply ke stop kontak
- kabel arus untuk menghubungkan monitor ke casing
setelah semua lengkap maka bersiap-siaplah anda sekarang.

II.1 MERAKIT
sebelum mulai merakit komputer pastikan kabel yang menghubungkan ke power supply tidak terhubung dengan listrik. Untuk menjaga keselamatan anda, anda bisa menggunakan alas kaki agar anda tidak kesetrum.
A. Langkah pertama
Sebelum memasang mainboard ke casing, pastikan casing dalam keadaan terbuka. Kemudian buka mur di bagian pinggir casing tersebut sehingga bagian tersebut terpisah atau lepas. Selanjutnya angkat bagian pinggir casing tersebut terpisah atau lepas. Selanjutnya angkat bagian pinggir casing tersebut.
Langkah berikutnya adalah seperti uraian berikut ini:
1. Buka bungkus atau kardus motherboard dan periksa isinya. Dalam kardus tersebut harus tersedia kabel IDE, kabel serial dan kabel pararel.
2. Buka tuas/pengunci processor jika anda menggunakan processor pentium klasik atau sejenisnya. Jika anda menggunakan processor pentium II atau celleron yang harus anda lakukan adalah memasang CPU ke pengunci yang telah disediakan. Biasanya pengunci CPU berikut kipas (cooler) sudah dipasang di CPU.
3. Buka door processor. Jika processor belum terpasang cooler (kipas anging penutup CPU) anda masukkan terlebih dahulu ke cooler tersebut.
4. Masukkan CPU ke soket atau slot yang tersedia. Jika anda menggunakan processor pentium klasik pastikan ujung kaki CPU tersebut. Biasanya kaki CPU yang menjadi patokan bentuknya tidak menyudut dan beda dengan lainnya. Jika anda menggunakan CPU Pentium II atau Celleron langkah ini anda lewati.
5. Masukkan tuas pengunci CPU ke dalam soket atau slot yang tersedia. Kemudian pasang pengunci tuas tersebut hingga tegak dan berdiri.
6. Setelah pengunci CPU Anda pasang di atas slot, langkah selanjutnya adalah memasang CPU ke dalam slot tersebut.
7. Pada saat memasang CPU anda perhatikan jangan sampai terjadi benturan atau gesekan yang berarti. Perlakukan barang ini dengan halus dan hati-hati.
8. Tekan ujungnya untuk memastikan CPU masuk ke slot dengan sempurna.
9. Setelah semua kebutuhan terpasang langkah selanjutnya adalah memasang motherboard tersebut ke bagian casing yang harus Anda buka terlebih dahulu kemudian memasang motherboard ke dalam casing tersebut.
Gambar : membuka tutup casing
Gambar: memasang Motherboard
10. Gunakan plastik yang tersedia dalam kotak untuk menghindari ground. Selain itu baud dan mur yang terpasang tidak menyentuh bagian luar dari casing. Hal ini perlu untuk menghindari menyebarnya arus ke luar. Untuk itu gunakan ring yang ada.
11. Pasang plastik penjepit motherboard dan baud yang sesuai dan telah tersedia untuk memasang motherboard ke casing. Pastikan motherboar kokoh dan tidak goyang. Hal ini perlu untuk menghindari goncangan yang merugikan.
12. Setelah motherboard terpasang di bagian casing yang anda buka tersebut selanjutnya pasang atau tempelkan kembali bagian casing yang telah menempel di sisi motherboard lengkap dengan CPU. Memori juga bisa dipasang jika anda menginginkannya. Hati-hatilah pada saat pemasangan
ini. Usahakan jangan sampai terjadi benturan terutama bagian CPU yang berdiri tegak.
13. Setelah motherboard terpasang di casing langkah selanjutnya adalah memasang kabel-kabel.
14. Pasang kabel arus yang menghubungkan motherboard ke power supply. Kabel ini terdiri dari beberapa warna. Untuk itu pastikan kabel yang berwarna hitam berada di tengah-tengah konektor tersebut.
15. Masukkan kabel speaker, reset, led hdd, power on, led on ke pin panel sesuai dengan jumpernya. Biasanya di motherboard sudah tertera tulisan untuk masing-masing kabel.
Gambar: memasang kabel ke pin panel
Gambar : memasang kabel power
Setelah selesai memasang semua kabel dan konektor tersebut anda bisa mencoba komputer tersebut dengan jalan memasukkan kabel dari power supply ke arus listrik (stop kontak). Jika terdengar bunyi BEEP beberapa kali berarti CPU dan motherboard sudah terpasang dengan baik. Bunyi BEEP ini akan keluar jika anda belum memasang RAM. Selain itu power sudah menyala. Matikan power secepatnya.

B. Langkah Kedua
Setelah terdengar bunyi beep berarti pekerjaan anda pada langkah ini telah selesai. Bunyi beep tersebut berarti komputer meminta memory. Untuk itu lanjutkan pekerjaan anda dengan memasang memory. Langkah-langkahnya :
1. Pasang ram atau memory sesuai dengan jenisnya
2. Jika anda menggunakan memori jenis lama berarti anda harus memasannya di slot atau soket SIMM1 dan SIMM2. sedangkan jika anda menggunakan jenis SDRAM anda harus memasangnya di slot DIMM1 atau DIMM2.
3. Periksalah apakah memory sudah tertancap di slotnya dengan baik atau belum.
Gambar : memasang ram
C. Memasang Kabel Serial dan Paraller
Untuk memasang kabel serial (COM1 dan COM2) yang harus anda lakukan adalah menancapkan kabel tersebut sesuai jumper atau pin yang tersedia. Untuk jelasnya ikuti prosedur berikut :
1. Pasang kabel serial ke COM1 dan COM2. pastikan kabel yang bergaris merah berada di bagian belakang.
2. pasang kabel parallel ke LPT1. kabel yang bergaris atau bertepi merah dibagian pinggirnya harus berada di bagian belakang.
3. pasang mur untuk menancapkan bagian luar konektor tersebut.
Setelah semua pekerjaan anda dibagian ini selesai dilaksanakan langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memasang kartu grafik, kartu suara, harddisk, diskdrive dan sebagainya.
D. Memasang Kartu Grafik dan Ethernet Card
Untuk memasang kartu grafik Anda bisa tinggal menancapkannya ke slot PCI/ISA/AGP. Untuk memasang kartu Ethernet Anda bisa tinggal menancapkannya ke slot ISA/PCI.
Gambar : memasang kartu grafik
Gambar : memasang Ethernet Card
E. Memasang Harddisk, Diskdrive dan CDROM
A. Memasang Diskdrive
Untuk memasangnya tidaklah terlalu sulit, maka ikuti prosedur seperti dibawah ini :
Gambar: memasang diskdrive
1. pasang diskdrive ke Casing
2. masukkan kebl diskdrive ke konektor FDD yang tersedia di motherboard. Kabel yang berwarna merah di bagian pinggir harus berada di belakang.
3. tancapkan kabel ke diskdrive. Kabel yang berwarna merah harus berada berdekatan dengan kabel power.
4. pasang kabel power ke diskdrive
5. jalankan komputer. Jika tidak terjadi sesuatu diskdrive langsung dikenali oleh komputer. Namun apabila diskdrive tersebut tetap menyala dan tidak berfungsi berarti kabel konektor pemasangannya terbalik. Untuk itu cepat komputer dimatikan dan balik pemasangan kabel tersebut.
B. Memasang Harddisk
Untuk memasang harddisk ikuti prosedur berikut :
Gambar : memasang harddisk
1. pasang harddisk ke Casing
2. tancapkan kabel ke harddisk. Ke IDE(1) connector di motherboard.
3. Tancapkan kabel ke harddisk. Kabel yang berwarna merah tetap harus berdampingan dengan kabel power.
4. pasang kabel power ke harddisk
5. jalankan komputer
6. kemudian anda lakukan setting terhadap harddisk tersebut. Anda harus membuka SETUP BIOS dengan cara menekan tombol Del atau Delete pada saat komputer menampilkan Press Del To Enter SETUP
7. pilih HDD AUTODETECTION. Setelah itu program akan menampilkan pilihanyang harus anda isi. Dalam hal ini anda cukup menekan tombol Y (Enter) dan N (Esc). Setelah selesai mengambil salah satu pilihanyang sesuai, program akan kembali ke menu awal bios.
8. pilih save untuk menyimpan setting bios
C. Memasang CDROM drive
Langkah-langkah pemasangannya :
Gambar : memasang cdrom
1. pasang CDROM ke casing
2. tancapkan kabel CDROM ke IDE (2) connector atau andabisa juga memasangnya di antara kabel harddisk. Hanya jika jalan ini yang anda tempuh salah satujumper di CDROM harus diganti ke slave.
3. tancapkan kabel ke CDROM . kabel yang berwarna merah tetap harus berdampingan dengan kabel power.
4. pasang kabel power.
5. dengan mengikuti prosedur tersebut anda telah selesai memasang harddisk, diskdrive dan cdrom drive. CDROM drive walaupun sudah dikenali oleh komputer tetapi belum bisa digunakan. Karena dia harus di instalasi drivernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar